About #KFUI15

Kulturfest, event tahunan terbesar Program Studi Jerman Universitas Indonesia

Kulturfest merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diadakan oleh mahasiswa Program Studi Jerman Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia sejak tahun 2000. Kulturfest tidak hanya menjadi wadah bagi mahasiswa FIB UI, melainkan juga masyarakat luar untuk mengenal lebih jauh kebudayaan, kesenian, serta bahasa Jerman melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian acara ini.

Dokumentasi KF 2014 - Memasak bersama makanan khas Jerman bersama komunitas

Dokumentasi KF 2014 – Memasak bersama makanan khas Jerman bersama komunitas “Die Bruecke”

Sekarang ini sepak bola merupakan salah satu olah raga yang paling digemari di seluruh dunia, termasuk di negara Jerman. Sepakbola tidak hanya digemari sebagai olah raga semata, namun kini sepakbola juga memiliki nilai komersil yang tinggi. Secara tidak sadar kemudian nilai-nilai sepakbola sebagai olahraga bergeser menjadi budaya populer dalam masyarakat, ditandai dengan euforia penggemarnya ketika piala dunia maupun liga-liga ternama lainnya serta fanatisme penggemarnya yang tidak segan mengeluarkan banyak uang untuk menonton tim favoritnya bertanding atau sekedar membeli souvenir pemain kesukaannya.

DSC_0519

Dokumentasi KF 2014 – Memasak makanan khas Jerman & Indonesia bersama komunitas “Die Bruecke”

Jerman sendiri merupakan salah satu negara yang budaya sepakbolanya paling berkembang. Tidak sulit kita temukan di Jerman fans fanatik yang rela mengeluarkan uang dan bepergian berpuluh-puluh km jauhnya hanya untuk melihat tim favoritnya bertanding. Hal ini tidak mengherankan mengingat prestasi tim Jerman di mata dunia. Faktanya Jerman merupakan satu-satunya negara yang kedua kesebelasan nasionalnya baik yang pria maupun wanita pernah memenangkan piala dunia. Keseruan sepakbola dan budaya populer yang berkembang dari sepakbola akan kami angkat sebagai tema Kulturfest tahun ini.

Leave a comment